Ingin Lakukan SAP Data Migration? Pertimbangkan 3 Hal Ini Dahulu!

SAP data migration ini harus mulai dipikirkan pebisnis. Di awal tahun 2018 Ini SAP mengungkap bahwa ERP ini akan melakukan migrasi ke SAP S/4HANA pada tahun 2025 mendatang.  Saat ini merupakan era digital dan modern sehingga data ini menjadi aset yang sangat penting. Bisnis di era modern ini sangat bergantung dengan data. Ada dua tahapan yang bisa dilakukan untuk melakukan migrasi ini dimana yang pertama adalah mengolah data. Dalam tahapan ini akan ada proses penggabungan data dari berbagai sumber. Tahapan kedua yang dilakukan adalah pemindahan data ke lokasi penyimpanan baru.

 

Pengertian Data Migrasi

Sebelum Anda melakukan migrasi data ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian data migrasi lebih dahulu. Data migrasi merupakan proses mentransfer dari satu sistem ke penyimpanan yang lain. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan Anda harus melakukan data migrasi dimana yang pertama adalah mengganti server atau mengganti penyimpanan data. Alasan lain mengapa perusahaan membutuhkan data migrasi adalah merombak sistem. Baru setelah itu bisa upgrade database yang jauh lebih canggih.  Apapun alasan perusahaan Anda melakukan migrasi data itu penting untuk menetapkan rencana yang jelas.


Ingin Lakukan SAP Data Migration


Hal yang Harus Anda Perhatikan

Anda yang ingin melakukan SAP data migration penting untuk memperhatikan beberapa poin atau pertimbangan seperti berikut ini :

1.      Kesiapan Migrasi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kesiapan migrasi. Tidak semua perusahaan ini siap untuk melakukan migrasi. Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2019 ini mengungkapkan bahwa 12% responden ini tidak tertarik dalam melakukan migrasi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, perusahaan yang tidak melakukan migrasi ini merasa kurang memiliki sumber daya dan kurang memiliki teknologi. Tidak hanya itu saja staf juga kurang mampu mengoperasionalkan perangkat lunak ini membuat implementasi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Meski begitu SAP ini memutuskan semua pengguna harus migrasi pada akhir 2025 mendatang.

2.      Business Care

Sebelum melakukan SAP data migration penting bagi Anda untuk memperhatikan business care. Pengguna SAP dituntut untuk bisa memahami berbagai macam kebutuhan teknis untuk bisa menjalankan sistem SAP sehingga harus membuat business case lebih dulu. Pengguna SAP ini harus bisa menjalankan sistem mereka di cloud atau di server mereka masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3.      Dukungan atau Support

SAP bersama mitra mendorong pengguna SAP agar bermigrasi. Migrasi ini penting dilakukan sebelum tenggang waktu yang telah mereka tentukan. SAP memiliki alternatif lain yang diberikan kepada Anda jika belum siap untuk melakukan migrasi misalnya menggunakan sap lainnya seperti C/4HANA, dan alternatif yang lainnya.

 

Data migrasi ini sangat penting bagi perusahaan Anda. Jangan tunda migrasi data Anda karena menawarkan banyak manfaat untuk perusahaan Anda. Gunakan jasa SOLTIUS sebagai solusi untuk migrasi data di perusahaan Anda. Sebagai perusahaan penyedia solusi terbaik dan berpengalaman SOLTIUS mampu memberikan solusi terbaik untuk masalah perusahaan Anda.  Silahkan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang detail produk SAP data migration klik di link ini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/sol-move4hana.