Bijaklah Memilih Tas Ransel Untuk Si Kecil

Karena lebih praktis dan fungsional, banyak orang tua yang lebih memilih tas ransel ketimbang tas selempang. Selain itu, tas ransel dianggap lebih ideal karena membantu mendistribusikan berat badan secara merata pada bahu Si Kecil.

Biasanya, tas ransel khusus untuk anak preschool ini digunakan untuk membawa bekal sekolah, dan perlengkapan sekolah lainnya. Tapi jangan asal memilih tas ransel. Agar tidak keliru, berikut merupakan panduan sederhana memilih tas ransel untuk Si Kecil.

Bijaklah Memilih Tas Ransel Untuk Si Kecil

Pastikan Ukuran Tas Sesuai Dengan Kebutuhan

Untuk mengurangi resiko cedera, Anda disarankan untuk memperhatikan ukuran tas ransel yang digunakan Si Kecil. Idealnya, ukuran tas ransel tidak lebih dari 75% ukuran punggung anak. Gunakan tas sekolah yang terbaik dan aman.

Dengan kata lain, secara kasat mata ukuran tas ransel ini hanya boleh seukuran pinggang sampai bahu. Selain itu, perhatikan juga ketebalannya. Jangan sampai tas ransel yang digunakan terlalu tebal. Ukuran ketebalan 7-10 cm sudah cukup ideal.

Menurut Kathryn, ukuran tas yang terlalu besar dan tebal tidak hanya menyulitkan Si Kecil untuk bergerak, tapi juga rentan menyebabkan cedera, seperti tas yang tertarik atau terkait pada objek tertentu yang menyebabkan Si Kecil terjatuh.

Beberapa sekolah biasanya sudah menerbitkan aturan tersendiri terkait penggunaan tas, bahkan ada yang memberikan tas sekolah standar bagi Si Kecil. Demi kenyamanan, keselamatan dan keseragaman, sebaiknya Anda ikuti aturan tersebut.


Periksa Bobotnya, Jangan Sampai Terlalu Berat

Selain memperhatikan ukuran tas, Anda pun harus memperhatikan bobot dari tas tersebut. Pasalnya, penelitian yang diterbitkan dalam menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal e-Clinic, menyebut jika penggunaan tas ransel yang terlalu berat bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Salah satu tanda tas sekolah terlalu berat adalah, Si Kecil harus membawa tas tersebut sambil membungkuk. Jika terus terjadi, kondisi ini berisiko menyebabkan cedera tulang punggung, dan menyebabkan postur tubuh Si Kecil tidak ideal.

Untuk berat ideal tas sekolah Si Kecil, para ahli menyarankan agar berat tas sekolah tidak lebih dari 15% total berat Si Kecil, dan paling ideal adalah 10% dari berat total Si Kecil.

Contohnya, jika berat Si Kecil 30 kg, maka berat tas sekolah paling ideal 3 kg, atau maksimal 4,5 kg. Tentu saja berat ini termasuk seluruh beban yang berada dalam tas ransel tersebut, dari bekal makanan dan minuman, serta perlengkapan lainnya.

Bagaimana jika tas sekolah lebih dari 15% total berat Si Kecil? Kurangi beban tas tersebut dengan memindahkan sebagian barang, seperti makan siangnya, di tas kecil yang bisa dibawa dengan tangan Si Kecil.


Pilih Tas Ransel Dengan Model Simple

Karena Si Kecil masih belum membutuhkan tas dengan banyak ruang, sebaiknya Anda memilih tas dengan bentuk yang simple dan tidak terlalu banyak ruang. Idealnya, cukup 2 ruang saja, bagian depan berupa kantong kecil untuk menyimpan alat tulis, dan bagian utama.

Selain itu, sebaiknya Anda pun memilih tas yang tidak terlalu banyak menampilkan aksesoris berupa tali-tali yang membingungkan. Ini dilakukan agar Si Kecil lebih mudah memahami dan memaksimalkan tas ransel yang dia kenakan.

Selain itu, pilih tas yang memiliki tali lebar dan bantalan pundak yang empuk, dan (kalau memungkinkan) pilih tas dengan sabuk pinggang agar beban pada tas lebih seimbang.